09:53 WIB
Jumat, 28 November 2014
Jumat, 28 Desember 2012 09:00 WIB

6 Latihan Agar Tubuh Tegak Lurus

JaringNews
Seated cable row adalah salah satu latihan peregangan yang baik untuk mencegah bungkuk (Foto - bodybuilding)
Seated cable row adalah salah satu latihan peregangan yang baik untuk mencegah bungkuk (Foto - bodybuilding)

Latihan binaraga yang berlebihan dapat menyebabkan bungkuk

JAKARTA, Jaringnews.com - Tulang punggung terlihat melengkuk atau bungkuk dalam istilah medis disebut dengan Kyphosis. Orang tua sering meminta anak mereka untuk selalu duduk tegak dan menjaga tulang belakang tetap lurus.

Tubuh kelihatan bungkuk tak saja dialami oleh anak, namun juga orang dewasa. Antisipasi tubuh kelihatan bungkuk diantaranya dapat dicegah dengan latihan seperti yang dilansir Boldsky ini;

1. Postur
Kita seringkali menekuk punggung atas, termasuk bahu, untuk menghindari rasa nyeri di bagian punggung bawah. Namun, postur tubuh Anda akan mempengaruhi tulang belakang. Ketika Anda merasakan nyeri di bagian punggung bawah, pastikan Anda tetap duduk, berdiri atau tidur dalam posisi lurus.

2. Peregangan
Pastikan tulang belakang, tangan dan kepala Anda telah dalam posisi lurus. Lalu, perlahan-lahan mulai bungkukkan kepala Anda ke bawah sejauh yang Anda bisa. Anda akan merasakan peregangan pada bagian punggung. Lakukan ini 2-3 kali sehari selama 2 minggu. Setelah itu, pastikan tulang belakang Anda selalu dalam posisi lurus.

3. Memperkuat otot-otot leher
Tekan telapak tangan Anda ke dahi. Kemudian perlahan-lahan mulai dorong kepala Anda ke belakang. Gunakan otot-otot leher untuk menahan gerakan tersebut. Lakukan ini selama 5-6 detik. Rileks dan ulangi 3-4 kali. Lakukan latihan ini sekali dalam sehari untuk menyembuhkan kyphosis atau bungkuk.

4. Latihan kabel
Seated cable row adalah salah satu latihan peregangan yang baik untuk mencegah bungkuk. Tempatkan kaki Anda pada footpads dan tekuk lutut sedikit. Pegang tali dengan kedua tangan dan kemudian tarik ke arah dagu. Jagalah agar siku tetap tinggi dan menempatkan lengan atas sejajar dengan lantai. Anda harus duduk dalam posisi lurus saat melakukan latihan ini.

5. Hindari sit-up
Latihan binaraga yang berlebihan dapat menyebabkan bungkuk. Sebaiknya, kurangi latihan sit-up karena dapat melebarkan tulang belakang. Hal ini bisa menyebabkan kelemahan refleksif otot-otot di tulang belakang.

6. Berbaring lurus
Tempatkan tangan Anda di sisi tubuh dan angkat sedikit. Kemudian secara perlahan tekan otot pantat dan naikkan posisi dada sejauh yang Anda bisa. Tahan selama beberapa detik. Rileks dan ulangi 8-10 kali.

 

(Mys / Mys)
Diurutkan berdasarkan:
Rabu, 20 Maret 2013 14:06 WIB
rika

kalau kta dlm posisi dudk dan tegap atau tidk bngkuk ,,pinggang saya trasa nyeri . dan saat brjlan pun dgn tegap nafas sya sesak ,krna sya dri umur 8 thn sudh bngkuk dn ska mmbwa tas yg brat2 bgaimana cra mngtsi itu???????????

Senin, 29 April 2013 04:44 WIB
Pramanda

ijin copas, gan! http://copasind.blogspot.com/

Jumat, 18 Juli 2014 09:27 WIB
BSGCantik

Salam kenal Sis artikelnya bermanfaat sekali. maaf, cara2 diatas tersebut apakah sudah diuji cobakan? dan mau tanya tentang pakaian olahraga senam, menurut Gan <a href="http://butikbajusenam.blogspot.com">baju senam terbaru</a> bermerk apa yaa yang paling nyaman bahannya dipakek senam?

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini
  
  • Terpopuler
  • Terkomentari