12:38 WIB
Kamis, 18 September 2014
Rabu, 5 Oktober 2011 17:05 WIB

Insomnia Penyakit Keturunan?

Karta Raharja Ucu
Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA, Jaringnews.com - Hingga kini masyarakat menilai hanya penyakit 'kelas berat' saja seperti jantung, paru-paru yang merupakan penyakit warisan dari keluarga. Padahal disinyalir insomnia atau sulit tidur juga merupakan penyakit keturunan.

Bila Anda menderita insomnia, coba tanyakan apakah ada diantara anggota keluarga Anda yang mengalami gangguan yang sama. Sebab, bisa jadi Anda juga tertular penyakit itu dari keluarga anda.

Sebuah penelitian di Canada menemukan, insomnia bisa ditularkan dari satu anggota keluarga ke anggota lainnya. Para peneliti dari School of Psychology di Laval University Kanada menemukan bahwa setiap orang memiliki resiko mengidap gangguan tidur sekitrar 37 persen.

Penelitian itu menguji 485 orang dan setiap orang ditanyai apakah kualitas tidur mereka baik atau tidak. Ketika mereka mengalami gangguan tidur, mereka juga akan ditanyai apakah keluarganya ada yang memiliki gangguan yang sama.

Sebanyak 40 persen dari responden mengakui setidaknya ada satu orang yang mengidap insomnia di keluarga mereka. Diantara para responden, 76 persennya mengatakan memiliki seorang anggota keluarga yang mengalami gangguan tidur, 21 persennya mengatakan dari dua hingga tiga persennya memiliki tiga anggota keluarga yang mengalami insomnia.

Seperti dikutip dari Genius Beauty, para pakar menyimpulkan, resiko dari insomnia tergantung dari jumlah anggota keluarga yang pertama kali mengalaminya.

Para ilmuwan belum menemukan bahwa pengaruh dari faktor genetika dari penularan alamiah insomnia. Mereka menduga hal ini mungkin disebabkan oleh kecemasan yang berlebihan.

(Kru / Kru)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini
  
  • Terpopuler
  • Terkomentari