16:43 WIB
Senin, 20 Oktober 2014
Jumat, 9 Desember 2011 17:59 WIB

Berapa Sih Ukuran Normal Penis Pria?

Karta Raharja Ucu
Ilustrasi
Ilustrasi

Bila panjang penis Anda 9-9,5 cm ketika lemas, penis Anda masuk dalam kategori 'normal'.

PARIS, Jaringnews.com - Selama ini ukuran penis pria tidak ada standar bakunya. Tak sedikit pria yang kurang percaya diri karena pria menganggap penis miliknya masuk dalam kategori kecil, padahal orang lain menilainya terlalu besar.

Kegelisahan tersebut bisa membuat para pria terus dirundung penderitaan psikologis. Untuk itu, agar tidak simpang siur, patokan standar ukuran penis 'normal' telah ditetapkan.

Berdasarkan penetapan National Academy of Surgery di Prancis, ukuran normal sebatang penis bila memiliki panjang sekitar 9-9,5 cm dalam kondisi lemas dan memiliki panjang 12,8-14,5 cm ketika sedang ereksi. Di luar ukuran itu bisa masuk kategori kecil atau besar.

Namun, ukuran standar penis bukan hanya dari panjangnya saja, keliling penis juga tak luput dari penghitungan. Penis dikatakan normal bila memiliki diameter 8,5-9 cm dalam kondisi lemas, dan 10-10,5 cm ketika ereksi.

Memang, ketika mengira penis miliknya kecil, mereka akan gelisah. Maka jangan heran bila banyak pria yang melakukan operasi untuk membesarkan penis yang sebenarnya tidak begitu dibutuhkan.

Padahal, metode membesarkan penis seperti lewat pompa vakum tidak terlalu efektif karena hanya memanjangkan penis beberapa centimeter saja. Apalagi, dalam banyak kasus prosedur itu justru bisa memicu efek samping yang luar biasa, seperti impotesi jika dalam operasi ada saraf yang salah potong.

Tak ada asap bila tak ada api. Kegelisahan pria itu muncul ketika sedang berada di ruang ganti. Di locker itu lah mereka akan membandingkan penis mereka dengan penis pria lain. Maka kegelisahan itu disebut locker-room syndrome.

(Kru / Kru)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini
  
  • Terpopuler
  • Terkomentari