05:01 WIB
Senin, 21 April 2014
Selasa, 29 Januari 2013 15:20 WIB

Dahlan Rampingkan Birokrasi Kementerian BUMN

Ainur Rahman
Gedung Kementerian BUMN
Gedung Kementerian BUMN

Rencana perampingan tersebut untuk memangkas pengeluaran belanja pegawai.

JAKARTA, Jaringnews.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berencana akan merampingkan struktur organisasi di Kementerian BUMN dengan menghapus Deputi Bidang Restrukturisasi dan Perencanaan Strategis. Rencana perampingan tersebut untuk memangkas pengeluaran belanja pegawai.

"Tadi di rapat deputi Restrukturisasi dan Perencanaan strategis dihapus saja karena beban tugasnya bisa dilakukan masing-masing perusahaan," kata Dahlan di Kementerian BUMN, hari ini.

Menurut Dahlan, itu masih baru usebatas sulan. Rencana penghapusan satu deputi itu baru akan diajukan ke Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi lalu ke Kementerian Keuangan. Jika benar-benar ada deputi yang dihilangkan, beber Dahlan, tidak serta-merta ada pemecatan. Sebab pegawai akan dialihkan ke tempat lain.

"Pengeluaran belanja pegawai negara terus membengkak sampai Rp40 triliun, apalagi investor terganggu dengan birokrasi dan korupsi," jelas Dahlan.

Di Kementerian BUMN ada lima deputi, yakni Deputi Bidang Usaha Industri Primer (Muhamad Zamkhani), Deputi Bidang Usaha Industri Strategis dan Manufaktur (Dwijanti Tjahjaningsing), Deputi Bidang Usaha Infrastruktur dan Logistik (Iman A Putro), Deputi Bidang Usaha Jasa (Gatot Trihargo), Deputi Bidang Restrukturisasi dan Perencanaan Strategis BUMN (Achiran Pandu Djanjanto).

(Ara / Ara)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini