01:23 WIB
Rabu, 24 September 2014
Selasa, 27 November 2012 14:55 WIB

Kemenparenkraf Garap Program Dukung Usahawan Muda Indonesia

Sri Lestari
I Gde Pitana (Jaringnews/Sri Lestari)
I Gde Pitana (Jaringnews/Sri Lestari)

Indonesia ingin meniru Jepang dan Korea.

DENPASAR, Jaringnews.com - Untuk mendukung usahawan muda di Indonesia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparenkraf) akan melakukan koordinasi dengan Kementerian BUMN untuk menjalankan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL).

“Yang pertama di titik awal kita masih melakukan koordinasi dengan Kementrian BUMN untuk mendapatkan PKBL. Kalau swasta kan namanya CSR (Corporate social responsibility), untuk mulai melakukan pembinaan-pembinaan terhadap usahawan muda,” kata I Gde Pitana, Plt Dirjen Ekonomi Kreatif Berbasis Media, Desain, dan Iptek Kemenparekraf, saat membuka seminar nasional di Denpasar, Selasa (27/11).

Selain itu, sambung Pitana, upaya lainnya dari pihaknya yakni melakukan kooordinasi juga dengan Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia .

“Kami juga melakukan koordinasi dengan Kementerian Keuangan dan BI untuk menciptakan seperti mereka yang dilakukan di Jepang dan Korea,” tambahnya.

Pitana menuturkan, di Jepang dan Korea, pekerja seni semisal pematung, sudah mendapatkan jaminan berupa kontrak bahwa hasil karyanya akan terbeli.

“Kami di kementerian juga menfasilitasi penciptaan pasar, pasar itu bukan hanya pasar internasional. Domestic market-nya luar biasa. Pengguna facebook di Indonesia 49 juta, siapa yang membuat konten? Coba kalau kita yang membuat konten?” tantang dia.

(Sri / Nky)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini
  
  • Terpopuler
  • Terkomentari