22:32 WIB
Kamis, 31 Juli 2014
Selasa, 8 Mei 2012 17:18 WIB

Pengusaha Tambang Bakal Rogoh Kocek US$2 Miliar Untuk Bayar Bea Keluar

Eben Ezer Siadari
Menteri Keuangan Agus Martowardojo
Menteri Keuangan Agus Martowardojo

Bea keluar untuk 14 komoditi khususnya mineral.

JAKARTA, Jaringnews.com - Rencana Pemerintah untuk menerapkan kebijakan bea keluar sebesar 20 persen atas sejumlah komoditas mineral dan tambang (Minerba) mentah akan membuat pengusaha tambang merogoh kocek tambahan sebesar US$1,6 miliar hingga US$2 miliar.

Angka ini disampaikan oleh Menteri Keuangan, Agus Martowardojo, menjawab pertanyaan wartawan hari ini (8/5) di Jakarta. Agus mengatakan Kementerian Keuangan telah menerima surat dari Kementerian ESDM terkait rencana kebijakan tersebut.

"Pembahasannya ada di Tim Tarif, dan secara prinsip substansinya sudah kita bicarakan di Kemenko Perekonomian. Jadi kami optimis dalam waktu dekat bisa diselesaikan, bea keluar untuk 14 komoditi khususnya mineral," kata Agus.

Angka itu, menurut Agus Martowardojo merupakan jumlah 20 persen dari perkiraan omset 14 produk minerba yang akan dikenai bea keluar yang diperkirakan berkisar dari US$8 miliar hingga US$10 miliar.

Ke-14  mineral mentah tersebut adalah tembaga, emas, perak, timah, timbal, kromium, molidbdenum, platinum, bauksit, bijih besi, pasir besi, nikel, mangan, dan antimon. Kebijakan tersebut hanya berlaku untuk pemegang ijin usaha pertambangan (IUP).

(Ben / Deb)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini