07:22 WIB
Sabtu, 2 Agustus 2014
Jumat, 9 Maret 2012 14:29 WIB

Melalui Program Pemberdayaan, Telkom Genjot UMKM

Pius Lima Klobor
Telkom
Telkom

Telkom kucurkan dana kemitraan sebesar Rp 1,5 triliun kepada 80.000 UMKM.

JAKARTA, Jaringnews.com - Hingga akhir Februari 2012, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) telah menyalurkan dana melalui program kemitraan sebanyak Rp 1,5 triliun. Dana tersebut diberikan untuk mendukung pengembangan usaha kecil menengah dan mikro (UMKM) di tanah air.

Demikian dikatakan Head of Corporate Communication and Affair Telkom, Eddy Kurnia. Selain memberikan pinjaman dana kepada 80.000 lebih pelaku UMKM, pihaknya juga melakukan pembinaan dan pendampingan melalui program-program pelatihan serta membantu memeromosikan produknya melalui ajang pameran.

“Bantuan tersebut didistribusikan ke sektor-sektor industri, jasa, perdagangan, peternakan, perikanan, pertanian, perkebunan dan jasa lainnya," ujar Eddy Kurnia melalui siaran pers di Jakarta, Kamis (8/3).

Selama tahun 2011 lalu, Telkom mengalokasikan dana melalui Program Kemitraan (PK) dan Bina Lingkungan (BL), masing-masing sebesar Rp 115,53 miliar untuk PK dan Rp 115,37 miliar untuk BL.

“Dana ini dialokasikan sesuai dengan keputusan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan Telkom,” terang Eddy.

Eddy menjelaskan, program-program tersebut telah banyak membantu para pelaku usaha juga membuka lapangan kerja baru bagi orang lain. Hingga kini, terdapat sekitar 700 pelaku UKM yang telah memperoleh manfaat dari program ini. Tak hanya itu, sekitar 250 pelaku UKM juga mendapatkan pelatihan e-commerce dari Telkom.

Lebih lanjut Eddy menjelaskan, untuk mendukung program-program di atas, pihaknya melalui Divisi Business Service juga aktif bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan UKM. Kerja sama tersebut untuk untuk mendirikan Telkom Small Medium Enterprise (SME) Center di Jakarta, Bandung, Medan, Palembang, Makassar, Surabaya dan Yogyakarta.

“SME Center menjadi pusat pelayanan pelanggan sebagai Delivery Channel yang menangani UKM/SME serta Community Development Center (CDC), menjalankan peran PK-BL sebagai wujud Corporate Social Responsibility (CSR) Telkom,” jelasnya.

Tak ayal, melalui program-program tersebut, Direktur Utama Teklom, Rinaldi Firmansyah menerima penghargaan dari Menkop UKM, Syarifudin Hasan. Dia dinilai sebagai salah satu tokoh penggerak kewirausahaan di Indonesia.

(Pio / Pio)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini
  
  • Terpopuler
  • Terkomentari