08:20 WIB
Rabu, 26 November 2014
Rabu, 8 Februari 2012 14:38 WIB

AS Kucurkan US$15 Juta untuk Ketahanan Pangan RI

JaringNews
Roger N Beachy,
Roger N Beachy,

AS menyalurkan dana sekitar US$15 juta untuk sektor pertanian di Indonesia.

JAKARTA, Jaringnews.com - Ketahanan dan keamanan pangan Indonesia tampaknya turut jadi perhatian negeri adidaya Amerika Serikat. Itu sebabnya negeri ini mengucurkan US$15 juta untuk program ketahanan pangan dan produksi agrikultur melalui sektor pertanian.

Keterangan ini dikemukakan oleh Roger N Beachy, wakil ketua dan presiden emeritus Donal Danforth Plant Science Center dalam jumpa pers seusai menjadi pembicara pada Jakarta Food Security Summit di Jakarta hari ini (8/).

"Kami menyalurkan dana sekitar US$15 juta untuk sektor pertanian di Indonesia. Dana tersebut lebih digunakan dalam menjaga keamanan pangan dan produksi agrikultur," ujar dia.

Selain itu, berbagai program pertukaran antar ilmuwan dan pejabat di kedua negara akan dilakukan untuk berbagi penemuan dan ilmu pengetahuan. "Jadi sifatnya bukan satu arah, tetapi dua arah antara Indonesia dan AS," kata dia.

Sedangkan investasi sebesar  US$15 juta, dimaksudkan  membantu pengusaha pertanian dan juga pemerintah Indonesia dalam meningkatkan produksi pangannya.

Beberapa komoditas sudah menjadi incaran AS dalam rangka investasi tersebut, antara lain  produksi coklat (kokoa) di Sulawesi, kopi di Sumatera Utara, serta tanaman sayuran dan buah-buahan di Jawa Barat.

(Ben / Deb)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini