18:41 WIB
Sabtu, 1 November 2014
Senin, 12 Desember 2011 12:02 WIB

Permendag Produk Hortikultura Akan Terbit Minggu Ini

Ainur Rahman
Menteri Perdagangan RI Gita Wirjawan (Jaringnews/J. Sutanto)
Menteri Perdagangan RI Gita Wirjawan (Jaringnews/J. Sutanto)

Salah satunya akan diatur bahwa impor hortikultura hanya dapat dilakukan apabila produksi dalam negeri tidak dapat mencukupi kebutuhan masyarakat.

JAKARTA, Jaringnews.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Gita Wirjawan mengatakan, saat ini Kementerian Perdagangan (Kemendag) bersama Kementerian Pertanian (Kementan) sedang menyusun peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) tentang ekspor dan impor produk hortikultura.

"Diharapkan Permendag tersebut dapat diterbitkan dalam minggu ini," kata Mendag saat rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI, Senin (12/12).

Kemendag berencana memperketat masuknya produk impor hortikultura seiring membanjirnya barang-barang tersebut di pasar domestik, khususnya jenis kentang.

Di antara pengaturan dalam Permendag, salah satunya akan diatur bahwa impor hortikultura hanya dapat dilakukan apabila produksi dalam negeri tidak dapat mencukupi kebutuhan masyarakat.

Sedangkan bagi perusahaan, untuk dapat melakukan impor produk hortikultura harus teregistrasi sebagai importir terdaftar dari Kemendag dan memiliki persetujuan impor dengan rekomendasi dari Kementan.

(Ara / Nky)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini