03:25 WIB
Sabtu, 1 November 2014
Jumat, 17 Mei 2013 14:02 WIB

BBM Naik, Tiap Keluarga Miskin Dapat Uang Tunai Rp750 Ribu

JaringNews
Kepala Bapenas Armida Alisyahbana (Jaringnews/ Dwi Sulistyo)
Kepala Bapenas Armida Alisyahbana (Jaringnews/ Dwi Sulistyo)

Ada 15,5 juta keluarga miskin yang menjadi sasaran skema kompensasi ini.

JAKARTA, Jaringnews.com - Dalam RAPBN-P yang akan diajukan kepada DPR, Pemerintah mengusulkan dana kompensasi tunai Rp750 ribu per keluarga miskin. Bantuan tunai itu akan disalurkan bertahap, masing-masing Rp150 ribu per bulan selama lima bulan.

Bantuan uang tunai ini disebut juga Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM), yang merupakan bagian dari  skema kompensasi yang dimaksudkan melindungi masyarakat miskin dari dampak kenaikan harga BBM Bersubsidi.

Ditemui di Kantor Kemenko Perekonomian seusai mengikuti rapat koordinasi hari ini (17/5), Menteri PPN/Kepala Bappenas Armida Alisjahbana, mengatakan, BLSM merupakan satu dari empat skema program kompensasi kepada rakyat miskin. Tiga lainnya adalah penyaluran beras miskin (raskin), program keluarga harapan (PKH), dan beasiswa miskin (BSM).

"Ini harus dilihat sebagai satu kesatuan dan konsisten disalurkan kepada rumah tangga sasaran," kata Armida.

Menurut dia, ada 15,5 juta keluarga miskin yang menjadi sasaran skema kompensasi ini. Pemerintah mengalolasikan anggaran Rp29,6 triliun yang semuanya bersumber dari RAPBN-P 2013 yang diharapkan disetujui oleh DPR.

Armida juga mengisyaratkan Pemerintah akan mengusulkan penambahan raskin, PKH dan BSM. Namun ia belum bersedia membeberkan berapa tambahannya.

(Ben / Deb)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini