16:44 WIB
Senin, 20 Oktober 2014
Kamis, 4 April 2013 16:54 WIB

Kendalikan BBM Subsidi, Pertamina Pasang Alat Registrasi

Albi Wahyudi
BBM
BBM

Kendaraan yang beli BBM otomatis terecord.

JAKARTA, Jaringnews.com - Untuk mengendalikan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) agar kuota BBM tidak melebihi yang ditetapkan APBN, maka PT Pertamina (Persero) akan memasang alat registrasi di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang akan dilalui kendaraan yang akan membeli premium dan solar bersubsidi.

"Mulai April akan ada istilahnya semacam registrasi, begitu mengisi di SPBU otomatis terecord ke SPBU," kata Vice President Coorporate Comunication Pertamina, Ali Mundakir, di Jakarta, Kamis (4/4).

Ali menyampaikan, registrasi tersebut dilakukan sesuai dengan tuntutan program Sistem Monitoring Pengendalian (SMP) BBM yang akan mulai berlaku Juli 2013.

"Nanti ada chip di mobilnya, jadi semua bisa online," tutur Ali.

Disamping itu, kata Ali, pemasangan sistem tersebut yang akan dibiayai diambil dari dividen Pertamina kepada negara ini akan mencatat semua transaksi pembelian BBM bersubsidi, sehingga kendaraan akan dijatahi penggunaan BBM.

Pertamina juga menjajaki kerja sama dengan pihak Kepolisian untuk mendapatkan data-data kendaraan mobil yang sudah dilarang menggunakan BBM subsidi. Selain itu kerja sama dengan Kepolisian juga dimaksudkan untuk menindaklanjuti laporan Pertamina bila ada penyelewengan BBM yang dilakukan oleh masyarakat.

(Alb / Ara)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini