19:39 WIB
Sabtu, 25 Oktober 2014
Senin, 1 April 2013 12:31 WIB

Impor Cabai, Pemerintah Tunggu Hasil Pemetaan Sentra Penghasil Cabai

Ainur Rahman
Cabai merah, (Jaringnews/ Dwi Sulistyo)
Cabai merah, (Jaringnews/ Dwi Sulistyo)

Tahun ini produksi cabai mengalami surplus.

JAKARTA, Jaringnews.com - Rencana Pemerintah untuk impor cabai masih akan menunggu hasil pemetaan daerah sentra cabai yang sudah masuk masa penen. Saat ini Kementerian Pertanian sedang melakukan pemetaan terhadap komoditas ini.

“Nanti kita lihat, berdasarkan pemetaan yang sudah dibuat, akan terlihat apakah suplai mencukupi atau tidak. Kalau pun tidak, berapa banyak kekurangannya. Nah, kekurangan inilah yang kita impor,” kata Menteri Pertanian Suswono.

Lebih jauh dia mengatakan bahwa dengan pemetaan tersebut, daerah yang sedang panen dan berlebih agar menyuplai daerah lain yang kebutuhannya masih tinggi. Data dari Kementan menyebutkan bahwa tahun ini produksi cabai mengalami surplus.

Namun Suswono mengakui bahwa ada jenis cabai tertentu yang kebutuhannya memang sangat tinggi seperti cabai merah. Karena itu, dia berharap kepada masyarakat untuk mengganti kebutuhan cabai jenis tertentu dengan jenis lain.

"Cabai ini banyak macamnya. Untuk menyiasatinya, masyarakat bisa mensubstitusi cabai ini dengan jenis lain seperti cabai besar hijau dan cabai besar merah,” kata Mentan.

(Ara / Ara)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini