10:41 WIB
Selasa, 23 Desember 2014
Rabu, 24 Oktober 2012 08:44 WIB

Tanaman Bambu Berkembang, Usaha Nasional Akan Tumbuh

Ainur Rahman
Kepala Bapennas Armida S Alisjahbana (Jaringnews/ Dwi Sulistyo)
Kepala Bapennas Armida S Alisjahbana (Jaringnews/ Dwi Sulistyo)

"Bambu komoditas yang dapat diolah menjadi berbagai produk."

JAKARTA, Jaringnews.com - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Armida Alisjahbana mengatakan pentingnya pengembangan tanaman bambu dan produknya. Karena, kata Armida, ketika penanaman bambu berkembang akan menumbuhkan usaha nasional, baik skala mikro, kecil dan menengah.

"Bambu komoditas yang dapat diolah menjadi berbagai produk, seperti dinding rumah, tiang penyangga dan atap rumah," kata Armida Forum Pengembangan Bambu Nasional di Jakarta.

Dengan keleluasaan pemanfaatan bambu ini, jelas Armida, masyarakat dapat mengolahnya menjadi berbagai macam produk sesuai skala usaha. Misalnya, pengusaha besar dapat memproduksi bahan bangunan dan furnitur. Sedangkan pengusaha skala menengah dan kecil dapat memproduksi peralatan rumah tangga dan hiasan-hiasan kecil sesuai dengan kapasitas modal mereka.

Komoditas bambu ini apabila dikelola dengan baik, maka rangkaian keterkaitan usaha ini akan menyumbang pendapatan baru dan meningkatkan pendapatan yang sudah ada, sehingga mendukung penurunan angka kemiskinan sekaligus penghijauan dan pelestarian alam.

“Kombinasi inilah yang akan menarik konsumen, jadi tidak hanya di pasar lokal, tapi juga di pasar dunia,” ucapnya.
 

(Ara / Ara)

Berita Terkait

  • Tidak ada berita

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini