16:00 WIB
Senin, 24 November 2014
Jumat, 24 Agustus 2012 19:03 WIB

Pertamina: Harga LPG 3 Kg Kembali Normal Usai Lebaran

Albi Wahyudi
LPG 3 Kg
LPG 3 Kg

Permintaan gas LPG tiga kilogram kembali ke kondisi normal di kisaran 400 metrik ton perhari atau sekitar 3 persen dari konsumsi hari biasanya.

JAKARTA, Jaringnews.com – PT Pertamina (Persero) meyakini bahwa harga Liquefied Petroleum gas (LPG), khususnya tiga kilogram (kg) akan kembali ke harga normal yaitu sebesar Rp15 ribu usai lebaran. Saat Ramadhan harga LPG sempat menembus Rp18 ribu.
 
“Jadi sebelum lebaran mengalami kenaikan sebesar 12 persen dari harga Rp 15 ribu menjadi Rp 18 ribu, tapi sekarang telah kembali ke harga normal,” kata Vice President Corporate Communication Pertamina, Ali Mundakir di Jakarta, Jum’at (24/8).
 
Menurutnya, grafik permintaan gas LPG tiga kilogram kembali ke kondisi normal di kisaran 400 metrik ton perhari atau sekitar 3 persen dari konsumsi hari biasanya.
 
Dijelaskan Ali, kenaikan harga LPG saat Ramadhan karena kebutuhan akan LPG begitu tinggi dan terjadi permintaan yang meninkat sehingga mempengaruhi harga.
 
"Sementara saat lebaran itu konsumsi LPG hanya sekitar 50 metrik ton perhari karena banyak masyarakat telah mempersiapkan untuk menyetok saat jelang lebaran," kata Ali.

Disamping itu, banyak masyarakat yang tidak masak dan lebih memilih makan di luar.

Pertamina sendiri mengakui masih menyediakan stok LPG tiga kg untuk 18 hari ke depan yaitu sekitar 324 ribu metrik ton.

(Alb / Ara)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini
  
  • Terpopuler
  • Terkomentari