07:27 WIB
Kamis, 24 April 2014
Senin, 5 Maret 2012 17:45 WIB

Soepomo Jadi Plt. Komisaris Utama Wijaya Karya

Ainur Rahman
Gedung Wika (Foto: Panoramio com)
Gedung Wika (Foto: Panoramio com)

Soepomo menggantikan Agus Widjanarko yang pindah ke Jasa Marga.

JAKARTA, Jaringnews.com - Kementerian BUMN (Badan Usaha Milik Negara) menunjuk Soepomo sebagai Pelaksana Tugas (Plt.) Komisaris Utama PT Wijaya Karya (Wika). Ia menggantikan  Agus Widjanarko yang dipercaya menjadi komisaris utama di PT Jasa Marga. Soepomo sebelumnya  menjabat sebagai komisaris di Wika.

Sementara Anggota Komisaris Wika lainnya, Pontas Tambunan, juga tidak lagi menjabat sebagai komisaris karena diangkat sebagai direksi  di PTPN  (PT Perkebunan Nusantara) V.

Pergeseran tugas tersebut belaku per 1 Maret 2012  sehubungan dengan penataan Dewan Komisaris Badan Usaha Milik Negara dan menindaklanjuti surat Menteri BUMN No.S-375/MBU.WK/2011 Tanggal 5 Desember 2011.

Maka untuk menjalankan fungsi dan tugas komisaris utama, pemerintah telah meminta dewan komisaris Wika menunjuk salah satu komisaris sebagai pelaksana tugas tersebut. Itu dikatakan oleh Wakil Menteri BUMN, Mahmuddin Yasin, di Jakarta hari ini.

Menurut Sekretaris Perusahaan Wika, Natal Argawan, Agus Widjanarko telah resmi menjadi komisaris utama pada PT Jasa Marga, berdasarkan RUPSLB (Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa) Jasa Marga tanggal 31 Januari 2012;  Pontas Tambunan diangkat sebagai anggota direksi PTPN V mulai 1 Maret 2012.

"Akan ada benturan kepentingan yang dapat menyebabkan yang bersangkutan tidak dapat menjalankan tugas dan fungsinya sebagai dewan komisaris perseroan secara optimal [sehingga Agus perlu melepaskan jabatan di Wika dan digantikan oleh seorang Plt. Komisaris utama]," kata Natal.

(Ara / Dhi)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini