18:07 WIB
Rabu, 30 Juli 2014
Rabu, 24 Juli 2013 19:38 WIB

Suku Bunga Penjaminan Naik Jadi 6,25 Persen

Eben Ezer Siadari
Salusra Satria (Jaringnews/ Dwi Sulistyo)
Salusra Satria (Jaringnews/ Dwi Sulistyo)

Didasarkan atas beberapa pertimbangan.

JAKARTA, Jaringnews.com - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) akhirnya menaikkan tingkat bunga penjaminan simpanan dalam Rupiah dari 5,75 persen menjadi 6,25 persen. Kenaikan sebesar 50 basis poin ini sejalan dengan kenaikan tingkat bunga acuan BI atau BI Rate, yang juga naik 50 basis poin dari 6,0 persen menjadi 6,50 persen belum lama ini.

“LPS memandang perlu melakukan perubahan tingkat bunga penjaminan simpanan yang sejalan dengan kondisi perekonomian dan perbankan,” kata Direktur Penjaminan dan Manajemen Risiko LPS, Salusra Satria, hari ini (24/7) di Jakarta.

Kenaikan suku bunga penjaminan sebesar 50 basis poin juga berlaku untuk simpanan Rupiah di BPR. Dengan demikian suku bunga penjaminan untuk BPR menjadi 8,75 persen.

Suku bunga penjaminan simpanan dalam valuta asing tidak berubah, yakni 1,25 persen.

Menurut Salusra, penetapan tingkat bunga penjaminan simpanan yang baru ini didasarkan atas beberapa pertimbangan. Pertama, kenaikan BI rate dan deposit facility rate (FASBI) sebesar 50 bps menjadi 6,5 persen dan 4,75 persen.

Kedua, suku bunga pasar uang antar bank (JIBOR) pada periode sepanjang Juli 2013 mengalami kenaikan, dengan kenaikan tertinggi pada suku bunga JIBOR tenor 1 bulan sebesar 77 bps menjadi 5,75 persen.

Ketiga, suku bunga deposito berjangka 1 dan 3 bulan pada beberapa bank yang dipantau oleh LPS menunjukkan adanya tren meningkat.

“LPS terus mencermati perkembangan likuiditas dan suku bunga simpanan perbankan. Apabila terjadi perubahan yang signifikan pada kondisi perekonomian, LPS akan melakukan evaluasi tingkat bunga penjaminan simpanan,” kata dia.

Menurut ketentuan, apabila tingkat bunga simpanan yang diperjanjikan antara bank dengan nasabah penyimpan melebihi tingkat bunga penjaminan simpanan, simpanan nasabah dimaksud tidak dijamin. Karena itu LPS mewajibkan bank memberitahukan kepada nasabah penyimpan mengenai tingkat bunga penjaminan simpanan yang berlaku.

(Ben / Nky)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini
  
  • Terpopuler
  • Terkomentari